Senin, 08 Desember 2014

Presentasiku DI JAMAN DULU Sekali

Saat ini media presentasi sudah sangat canggih dan mudah.Tinggal nenteng laptop sama LCD Proyektor, habis itu nyalakan laptop hubungkan ke LCD Proyektor, selesai!! Bahkan sekarang bisa presentasi dengan android tab, iphone, ipad. lebih mudah, Wireles (tanpa kabel), lebih simpel alatnya, dan ndak repot.

Presentasi Jadul : Ngos-ngosan dulu

Berbeda dengan pengalaman saya di akhir tahun 90-an. Sekedar nostalgila....he he
Saat itu harga LCD projector masih maahaaal banget. Sehingga kami melakukan presentasi dengan layar TV 29 inchi. Masih ingat saat itu kami presentasi di aula sebuah sekolah yang letaknya di lantai 3. duh... Bayangkan repot dan ngos-ngosannya. Perlengkapan yang dibawa meliputi :
  • Seperangkat PC+monitor tabung 14', 
  • 2 TV tabung 29 inchi, 
  • Sound system, 
  • berkas-berkas 2 dus. 
Hasilnya.... ngos-ngosan dan berkeringat he he. Belum lagi kalau tempat parkir mobil jauh dari lokasi. PC yang dipakai tentu jadul juga, saat itu adalah PC dengan Processor Intel Pentium I, bahkan kadang kita pakai Proseccor 80586. Namun itu adalah PC tercanggih saat itu -maksudnya yang kami punyai-- he he
Windows yang dipakai saat itu Windows 95 atau 98.


presentasi jaman dulu
(Maaf fotonya copi paste, bukan foto asli kompi yang asli dulu dipakai.....Habis saat itu belum punya kamera digital, tapi sekedar gambaran seperti itulah..)
Agar dapat ditampilkan ke TV maka harus memakai video card tv out.
Presentasi susah
Video Card ini memiliki port VGA, S-Vidoe dan RCA

Koneksi ke TV saat itu digunakan kabel RCA. Masalahnya karena sering dipakai kemana-mana kabel ini sering bermasalah, hingga menyebabkan tidak bisa tersambung ke TV.
Selanjutnya agar TV terlihat dari peserta di belakang maka kami susun 2 meja.

Nah pekerjaan menaikkan TV TABUNG 29' ini ke atas meja juga perlu ekstra tenaga dan hati-hati. jadi sebelum presentasi kami sudah 'keringetan' dulu.
Maka tampilannya jadi seperti ini (he he lagi lagi ndak punya dokumentasinya...tapi kira-kira jadi begini lah.. bisa membayangkan repotnya??)
TV proyektor
Pekerjaan berikutnya memasang sound system. Setelah lengkap beginilah tampilan presentasi kita.


Itulah perlengkapan presentasi kami jaman dulu...Kalau diingat dan dibandingkan dengan perlengkapan presentasi kami sekarang, ya jelas beda. 
Sekarang kami presentasi cukup dengan LCD Proyektor dan sebuah Android Tab. Presentasi dilakukan dengan tablet tanpa kabel, Wireless Presentation System.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar